Mau Beli Mobil Online? Simak Tips untuk Atur Keuangan Dulu, Yuk!


Beli mobil online menjadi pilihan bagi kebanyakan orang saat ini karena bisa dilakukan kapan saja. Beli mobil secara online juga lebih memudahkan karena tidak harus pergi ke satu tempat atau tempat lainnya untuk survey harga dan mencari mana yang terbaik. Tidak heran jika hari ini banyak yang sudah beralih untuk membeli mobil secara online daripada harus offline.

Kalau Anda sedang berencana untuk membeli sebuah mobil baru namun masih bingung caranya untuk atur keuangan, tenang saja! Beberapa tips ini bisa membantu Anda untuk mengatur finansial dengan sebaik mungkin agar tidak salah dalam membeli mobil. Penasaran bagaimana caranya?

Cara Menghemat Uang untuk Beli Mobil

  1. Jual Barang yang Sudah Tidak Dipakai

Coba perhatikan barang-barang yang Anda miliki dan apa saja yang sekiranya sudah tidak digunakan lagi. Memilih barang  yang sudah tidak digunakan lagi dan menjualnya bisa membantu Anda mendapatkan sedikit uang tambahan untuk dimasukkan ke dalam tabungan. 

Selama barang yang Anda miliki dalam kondisi baik, ada kemungkinan seseorang akan tertarik untuk membelinya dari Anda. Jadi, jangan ragu untuk jual apa saja yang sekiranya sudah tidak Anda gunakan untuk bisa disimpan menjadi tabungan.

  1. Beli di Waktu Yang Tepat

Perusahaan online manapun memiliki target untuk memenuhi setiap kuartal dan akan menjual mobil di akhir tahun untuk bisa mengoleksi mode-model baru di awal tahun. Perusahaan akan cenderung memangkas harga dan menawarkan kesepakatan yang lebih baik.

Berdasarkan penjualan triwulanan, waktu terbaik untuk membeli adalah akhir Maret, Juni, September, dan Desember dan tidak hanya harganya yang lebih murah, tetapi bulan-bulan tersebut juga dapat menawarkan kontribusi setoran besar pada model mereka.

Selain itu, cobalah untuk menghindari waktu sibuk dalam sebulan atau setahun seperti puncak musim lebaran Idul Fitri atau libur sekolah ketika orang banyak yang mencari mobil untuk mengisi liburan. Jadi, daripada Anda asal memilih waktu pembelian namun tidak tepat, mengapa Anda tidak bersabar saja? Beli mobil online juga butuh strategi untuk bisa dapatkan harga yang bagus.

  1. Pilih Spesifikasi Kendaraan

Ada berbagai spesifikasi pada kendaraan standar yang dapat membuat model tersebut menjadi lebih mahal. Kalau Anda ingin berhemat, maka pilihlah spesifikasi di bawah ketika membeli sebuah mobil baru, di antaranya :

  • Mesin yang lebih kecil

  • Bensin di atas mobil diesel

  • Manual daripada otomatis

  • Hibrida lebih dari biasa

  • Emisi CO2 yang lebih rendah

  1. Berikan DP yang Tinggi

Sama halnya nih ketika Anda membeli rumah, maka ketika Anda memberikan DP yang lebih tinggi untuk mobil, artinya kredit yang Anda bayarkan setiap bulannya menjadi sedikit. Ya, artinya Anda akan menghasilkan pembayaran bulanan yang lebih rendah.

Secara keseluruhan, pembiayaan mobil Anda mungkin tidak lebih murah, tetapi tentu saja jika Anda membeli mobil dengan DP yang tinggi, Anda akan cenderung membayar cicilan bulanan yang lebih rendah. Sebaliknya nih, kalau DP Anda kecil, maka biaya per bulannya menjadi tinggi.

Kalau Anda masih pusing dengan cara mengatur keuangan untuk bisa beli mobil dengan hemat seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka cobalah untuk gunakan SEVA sebagai platform pilihan Anda. 

SEVA bisa diunduh gratis di toko aplikasi resmi dan ada banyak fitur andalan yang bisa digunakan ketika Anda ingin beli mobil online. Salah satu fitur andalannya adalah Instant Approval. Dengan fitur ini, maka Anda bisa sesuaikan sendiri skema pembayaran yang Anda inginkan untuk bisa disesuaikan dengan anggaran Anda. Yuk, instal SEVA!


Komentar