Pahami Keuntungan Ketika Membayar DP Mobil Baru, Pilih Besar atau Kecil?

 


Memiliki mobil baru merupakan impian bagi kebanyakan orang, terutama masyarakat yang hidup di daerah perkotaan. Lalu bagaimana caranya beli mobil baru dengan budget terbatas? Mudah kok, beli mobil baru 2022 saat ini bisa dilakukan secara kredit dengan uang muka sesuai kemampuan pembeli. 


Berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, untuk pembelian unit kendaraan roda empat membutuhkan uang muka minimal 30% dari harga total kendaraan. Semakin besar nominal uang muka yang Anda keluarkan, maka akan mempengaruhi angsuran kedepannya lebih ringan. 

Keuntungan Bayar DP Besar Dalam Kredit Mobil Baru

Pada umumnya debitur yang mengeluarkan pembiayaan DP atau uang muka lebih besar, maka akan mempengaruhi cicilan kedepan lebih kecil. Maka dari itu, banyak debitur yang memilih untuk menabung pendapatan tiap bulannya agar bisa mengeluarkan DP besar saat pembelian mobil nantinya. 

  • Tenornya Lebih Pendek

Dengan membayar nominal uang muka yang lebih besar, maka akan mempengaruhi masa cicilan semakin pendek. Hal ini dikarenakan harga mobil yang nantinya dicicil sudah terpotong dengan jumlah DP yang besar di awal pembayaran. 


Misalnya Anda membeli sebuah mobil seharga Rp 248,5 juta, kemudian menyetorkan uang muka sebesar Rp 124,25 juta. Maka debitur akan mengeluarkan cicilan sekitar Rp4,73 juta untuk tenor selama 3 tahun. Lalu bagaimana jika DP yang diberikan lebih kecil seperti 37,28 juta?


Jika uang muka yang dikeluarkan sekitar Rp37,28 juta, maka cicilan yang dibutuhkan tiap bulannya mencapai Rp6,2 juta dengan masa tenor 5 tahun. Jadi Anda lebih memilih masa tenor pendek atau panjang nih? Tentunya sesuaikan saja dengan kondisi keuangan yang dimiliki. 

  • Adanya Selisih Bunga Tahunan

Ketika Anda memberikan uang muka besar saat awal pembayaran, maka secara otomatis akan membutuhkan waktu pelunasan yang pendek. Dengan waktu pelunasan yang lebih singkat, maka selisih bunga per tahunnya yang perlu dibayarkan debitur juga lebih efisien. 

Keuntungan Membayar DP Kecil Ketika Membeli Mobil Baru

Bagi calon debitur yang memiliki penghasilan terbatas tiap bulannya juga bisa memilih membayar DP kecil saat akan membeli mobil impian. Sama halnya ketika Anda memilih mengeluarkan DP besar, maka dengan DP kecil saja bisa memberikan keuntungan berikut ini. 

  • Pembayarannya Ringan Di Awal

Dengan memilih membayar uang muka kecil di awal, maka Anda tidak perlu dana besar untuk bisa mendapatkan unit mobil impian. Mobil tersebut bisa dimiliki oleh debitur secara langsung hanya dengan mengeluarkan DP yang sangat terjangkau. 


Bahkan terkadang ada platform pembelian mobil yang memberikan penawaran bunga mulai dari 0% sampai 15%. Penawaran itu tentunya bisa memudahkan para pelanggan untuk bisa membeli mobil idaman walaupun penghasilan perbulannya terbatas. 



  • Bisa Lebih Hemat

Hanya dengan membayar DP kecil, maka Anda tidak perlu menghabiskan tabungan untuk membayar uang muka dalam jumlah besar. Berdasarkan hal itu, setiap orang masih memiliki peluang untuk tetap memiliki tabungan sebagai dana darurat memenuhi kebutuhan keluarga. 


Pembayaran DP dalam kredit mobil baru baik dengan nominal besar maupun kecil sebenarnya memiliki tujuan yang sama. Tujuannya yaitu agar Anda bisa mendapatkan mobil impian dengan aman dan nyaman, oleh sebab itu kalau membeli sesuatu harus disesuaikan dengan finansial. 


Jika Anda bingung ingin membeli mobil baru dengan DP yang sesuai penghasilan, di SEVA bisa mendapatkan mobil baru dengan DP dan cicilan yang ideal. Platform tersebut dilengkapi dengan fitur instant approval yang memungkinkan setiap orang bisa membeli mobil sesuai kemampuan finansial.

Komentar